Thursday 25 June 2015

Cara Mengatasi Rundll / Sysmenu.dll / C:\PROGRA~1\COMMON~1\System\SysMenu.dll


Ketika sedang memulai mengerjakan tugas di laptop, tiba-tiba kamu mendapat peran misterius dari rundll sysmenu.dll yang berbunyi " There was a ploblem starting C:\PROGRA~1\COMMON~1\System\SysMenu.dll The specified module could not be found ". Tentu itu sangat mengganggu.Sebenarnya apa itu Rundll /sysmenu.dll ? Sepertinya hal ini tidak berbahaya tapi ada aplikasi yang hilang, missing  atau corrupt.
Ketika kamu browsing atau googling, kamu akan menemukan banyak cara dan banyak solusi. Ketika saya mengalami hal tersebut, saya coba banyak cara. Saya pakai CC**aner, tidak bisa. Saya defrag juga tidak berhasil.Saya mendapatkan banyak saran  dari internet maupun teman-teman saya. Ada yang menyarankan untuk discan dengan antivirus. Saya coba, tapi belum berhasil. Ada yang menyarankan memakai W****ws Repair.Sebenarnya aplikasi ini cukup simple, tapi berbayar. Jadi saya menghindarinya. Hehehe. Ada tetangga saya menyarankan pakai F*x dll. Tapi aplikasi ini juga bagus. Tapi bila tingkat eror banyak, anda pun harus membayar untuk menggunakan aplikasi tersebut. Maka saya juga menghindari hal tersebut :D . Ada yang menyarankan menggunakan cara manual. Tapi cara ini tidak dianjurkan untuk orang yang masih awam komputer seperti saya. Cara manual ini dipakai oleh orang yang benar-benar menguasai informatika. Karena bila anda salah langkah, hal itu malah bisa menyebabkan kerusakan aplikasi lainnya. Sampai akhirnya saya mencoba menggunakan aplikasi Autorun (Jangan khawatir, Autorun ini bukanlah virus yang biasanya ditemui di laptop ^_^). Cara ini lah yang paling saya anjurkan. Karena cukup mudah dan gratis. Langkah-langkahnya yaitu :
  1. Download aplikasi autorun pada alamat ini http://filehippo.com/download_autoruns 
  2. File ini berbentuk winzip atau winrar. Jika sudah selesai buka dengan klik dua kali. Maka akan ada 2  tampilan autoruns. Pilihlah yang Autorun.exe.
  3. Instal aplikasi tersebut dengan klik 2 kali. Anda tinggal klik tombok next seperti menginstal aplikasi lain pada umumnya. Anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut
  4. Tunggu sampai semua autoruns mendeteksi sistem eror anda. Maka anda akan mendapatkan laporan hasilnya. Ada yang berwarna kuning, pink, dan ada yang tidak berwarna
  5. Hapus semua yang berwarna kuning dengan cara klik kanan kemudian delete. Warna kuning tersebut menunjukan file yang bersangkuta hilang, missing, atau corrupt.
  6. Jika sudah tidak ada yang berwarna kuning, pilih OK
Selesai deh. Bila anda sudah berhasil. Pesan dari rundll sysmenu.dll itu tidak akan muncul lagi. ^_^

70 comments:

  1. yang warna pink itu menandakan apa Gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan informasi yg ak dpt,yg corrupt itu yg warna kuning gan. Kl yg warna pink nggak ad. Cuma pas ak nyoba,ada warna pink nya gan. Jadi yg ak delete yg warna kuning. Yg warna pink nggak tak apa2in.maaf ya gan blm bisa menjawab pertanyaan agan. Mgkin ada agan yg lain yg mau bantu jawab πŸ˜†

      Delete
  2. sangat berhasil gan,thx.....gw sdh cb sgla cara tidak bs hilang rundll d window 8 gw.

    ReplyDelete
  3. 100% berkerjaa..
    Terimakasih sharing nya

    ReplyDelete
  4. nice info sis. thanks banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok bro.. mksih dah mampir ke blog ane ^-^

      Delete
  5. kalau tidak bisa terhapus gimana mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih?cara menghapusnya gmn?Udah coba di klik kanan terus delete atau remove belum?kl msh gagal dicoba lagi aj dlu. Semoga berhasil ^-^

      Delete
  6. Masa sih?cara menghapusnya gmn?Udah coba di klik kanan terus delete atau remove belum?kl msh gagal dicoba lagi aj dlu. Semoga berhasil ^-^

    ReplyDelete
  7. Kalo di hapus yg kuniNg, efeknya apa...?? Blas pliss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl dlu sya mghapus yg kuning nggak ngaruh apa2 :) cuma peringatan rundll nya jadi hilang :) gitu aja

      Delete
  8. misi agan klo deleting is denied itu knp ya gan ??
    makasih

    ReplyDelete
  9. misi agan klo deleting is denied itu knp ya gan ??
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah bisa belum gan??kl blm berhasil coba lgi gan

      Delete
  10. problem ane persis seperti itu gan. izin donlod dulu. moga berhasil. thanks.

    ReplyDelete
  11. ka,kalau mau di delete tp keluarnya denied gimana yah? udah di hapus tapi malah gabisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di restart gan. Trs pas laptopnya nyala. Rundll nya muncul lgi ap enggak

      Delete
  12. numpang tanya gimana solusinya utk hal di bawah ini
    RunDll starting obtrudersBeflags.dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pke autorun bisa enggak?kl nggk bisa coba pke cara lain gan :)

      Delete
  13. makasih mbak blogger yang baik hati

    masalah saya selama lima bulan ini terselesaikan
    RUNDLL-Sysmenu.dll beres dalam sekejap

    trims ya

    ReplyDelete
  14. makasi gan.. semoga aja ini bisa membantu laptop ane yg dllnya sering missing.. ganggu banget,
    sukses deh.

    ReplyDelete
  15. Makasih gan gara2 agan masalah laptop ane jadi kelar :D°˚˚°ΒΊ»(y);)Sïïïρ:DŠïïïρ:D(y)ΒΊ°˚˚°ΒΊ;) makasih banyak.....

    ReplyDelete
  16. Mantap mantap mantap,,makasih ilmunya ya..

    ReplyDelete
  17. bagai mana dengan wdws 8, tolong dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aj gan cara diatas. Itu ad yg pke windows 8 bisa berhasil dgn cara ini :)

      Delete
  18. ini pencet oknya dmna ya?? kog gda cmn minimize ama x doank...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di silang gan. Trs di restart. Smg brhasil :)

      Delete
  19. gan pas gua delet ada tulisan run administration gmana gan? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  20. sama,kalo yang warna pink dihapus jugak ya gan?

    ReplyDelete
  21. gagal keluar run administrator..kenapa ya gan

    ReplyDelete
  22. mantabs, punya ane pas rundll-nya warna pink bukan kuning. Akhirnya, ane hapus aja, alhamdulillah gak pengaruh apa-apa di PC

    ReplyDelete
  23. your pc run into a problem apa yg harus kita lakukan??

    ReplyDelete
  24. bagaimana cara kita mengatasi pc kita yg run in to problem atau error

    ReplyDelete
  25. mantap gan, start up yang ngeganggu beres semua (y)

    ReplyDelete
  26. makasih ya mba infonyaa huh akhirnya hilang

    ReplyDelete
  27. #Peringatan:
    Hati Hati Menggunakan "AUTORUNS"Ini Salah Hapus Dapat Menyebakan Tambahan Masalah Lagi Pada System Windows Anda.Di Tandai Yang Berwarna Kuning(NotFound)Bukan Berarti Harus Dihapus Melainkan File Tersebut Sedang Tidak Aktif(Not Running).Yang GoBloG nya Nama File Yang Tidak Bermasalah Diubah Menjadi Bermasalah/Dikleim Menjadi Nama Tersebut Nama Yang Bermasalah Disebut'NotFound'ERROR Nih Yang Menandai Nama Berwarna Kuning Tersebut. IntiNya Hati Hati Saja Dlm Melakukan Tindakan Penghapusan File Yang Bermasalah.Dapat Menyebabkan BLUE SCREEN Pada Windows Anda.Ingat INSTALL ULANG WINDOWS SEDANG MENANTI.

    ReplyDelete
  28. TERIMAKASIH postingan nya sangat membantu sekali.. terus berkarya yaa min

    ReplyDelete
  29. BIG THANKS GAN ^_^
    SUKSES TERUS GAN (Y)

    ReplyDelete
  30. kklo udah hapus warna kuning semua pilih OK nya sbelaha mana gan ??

    ReplyDelete
  31. kalo yang yang kuning kuning semuanya dihapus gak apa2kan ? soalnya aku liat file nya dh not found berarti gak ada di file C...
    thanks

    ReplyDelete
  32. thanks sist is work 😁

    ReplyDelete
  33. terima kasih. sangata bermanfaat dan sudah terbukti berhasil

    ReplyDelete
  34. gan ane mau tanya kalau file rundll saya di windows 8 , tulisanya ada ilegal value itu kenapa yah???

    ReplyDelete
  35. saya masih tetap muncul setiap starting meskipun sudah sesuai cara di atas

    ReplyDelete